Januari 05, 2017
Jangan Jajah GAJAH

Gajah Sumatera merupakan hewan kharismaik yang menjadi salah satu kekayaan fauna Indonesia. Gajah termasuk satwa langka berdasarkan UU no.5 tahun 1999 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya yang perlu dilindungi dan dilestarikan.

Berapa jumlah gajah Sumatera saat ini ? Berapa jumlah gajah yang mati ? Berapa yang punah sia-sia ?
Jumlah gajah Sumatera di alam saat ini diperkirakan tidak lebih dari 2.400-2.800 ekor saja. Awalnya populasi gajah sumatera mencapai 3.000-5.000 individu pada tahun 2007. Sedikitnya 90  individu gajah Sumatera mati di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Riau , dan Lampung antara tahun 2012-1014. Pada September lalu, ditemukan ditemukan lagi tiga individu gajah yang mati di NAD.

Mengapa gajah bisa punah ?
Keindahan gading gajah Sumatera yang bernilai ekonomis menjadi faktor  utama yang memicu kepunahan satwa ini akibat perburuan oleh manusia egois yang ingin memperoleh keuntungan dari penjuaalan gading tersebut. Faktor lain yang menyebabkan kepunahan gajah Sumatera adalah masa repsoduksinya yang sangat lama yaitu 4 tahun sekali dengan waktu 19 hingga 21 bulan masa kehamilan dan hanya melahirkan 1 ekor saja. IUCN menetapkan status konservasi gajah Sumatera sebagai Critically Endangered atau hanya satu langkah menuju kepunahnnya. Sedngkan CITES memasukkannya dalam Apendix I.

Bagaimana cara melindungi gajah ?
Saaat ini beberapa upaya pelestarian gajah Sumatera telah dilakukan baik oleh pemerintah maupun organisasi lain.WWF Indonesia bersama pemerintah dan organisai lainnya membentuuk patroli gajah yang bertugas mencegah perburuan gajah. WWF  Indonesia juga mengedukasi masyarakat untuk menghentikan perburuan gajah. Tak hanya itu,saat ini Majelis Uama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa  bahwa membunuh satwa dilindungi untuk kepentingan ekonomi adalah haram. Fatwa ini menyasar perlindungan dan pelestarian satwa langka melalui penyediaan kebutuhan dasarnya, tidak memberikan beban diluar batas kemampuan satwa itu sendiri termasuk hak satwa dalam mendapatkan perlindungan habitat. Fatwa ini diharapkan dapa mencegah konflik antara gajah dan manusia.

Nah, begitulah nasib gajah hewan raksasa yang tiada daya ini. Apakah kita hanya akan tinggal diam saja dan membiarkan mereka punah dengan sendirinya ? Tentu saja tidak. Oleh karena itu, mari kita semua mulai membuka mata terhadap lingkungan sekitar kita.  Tumbuhkan rasa kepedulian kita terhadap kelangsungan hidup makhluk hidup lainnya. Lets save elephant guys !


0 komentar:

Posting Komentar